Review Aplikasi Client Server || Aplikasi ZOOM CLOUD MEETING


Pilih aplikasi Zoom, karena Zoom adalah.....

Sebelum kita masuk pada tahapan meriview aplikasi zoom, alangkah baiknya jika kita memahami terlebih dahulu apa itu aplikasi Client Server.

Jadi teman-teman, aplikasi client server itu merupakan aplikasi yang memiliki bentuk seperti arsitektur. Artinya aplikasi client-server membutuhkan laman web(sumber dokumen atau informasi) dan IP address(Internet Protocol Address adalah label numerik yang ditetapkan untuk setiap perangkat yang terhubung ke jaringan komputer yang menggunakan protokol internet) khusus. 

Kesimpulannya aplikasi client-server adalah suatau bentuk arsitektur, dimana client adalah perangkat yang menerima untuk menampilkan dan menjalankan aplikasi dan server adalah perangkat yang menyediakan dan bertindak sebagai pengolah aplikasi, data dan keamanannya. 

Aplikasi Zoom merupakan aplikasi yang dapat menunjang kebutuhan informasi dan komunikasi di manapun dan kapanpun. Aplikasi ini memberikan banyak fitur yang mempermudah kita dalam melakukan kegitan selama masa pandemic covid-19. Aplikasi ini dapat kita temui di goole play store, dengan gambar seperti kamera untuk membut film, warnanya biru putih. 

Zoom merupakan aplikasi komunikasi dengan menggunakan video. Aplikasi tersebut dapat digunakan dalam berbagai perangkat seluler, desktop, hingga telepon dan sistem ruang. Pada umumnya, para pengguna menggunakan aplikasi ini untuk melakukan meeting hingga konferensi video dan audio. Zoom adalah salah satu aplikasi meeting online yang populer saat ini. Seiring dengan merebaknya pandemi Covid 19.

Aplikasi meeting online atau video conference menjadi satu kewajiban untuk saat ini. Untuk yang tersedia dalam versi android, aplikasi zoom memiliki beberapa fitur diantaranya ada meet untuk bertatap muka langsung (melakukan video call), phone (memungkinkan kita menelpon orang lain), chat (mendukung dalam mengirim pesan) dan share (untuk membagikan link yang disediakan host).

Adapun review saya berdasarkan sudut pandang server, aplikasi zoom ini memiliki fitur end-to-end atau kunci enkripsi yang hanya disimpan oleh pengguna aplikasi (user) dan server aplikasi tidak menyimpan kunci enkripsi tersebut. Jadi si pemilik platform tidak mungkin bisa mengintip pesan, file, video daripenggunanya (user). Selain eitu aplikasi zoom juga memiliki war driving dan penggabungan otomatis domain email yang tidak saling mengenal. Aplikasi ini memiliki kemampuan menampung 100 partispan yang tehubung diamanupun dan kapanpun. 

Ketika berperan sebagai host, kita bisa dengan mudah melihat dan mengontrol participants yang bergabung dalam room zoom kita. Participant yang tidak memenuhi syarat atau mengganggu jalannya proses diskusi, akan mudah kita keluarkan, non aktifkan suaranya, mengirim pesan padanya, menonaktifkan videonya, menggnati namanya, dan beberapa fitur seperti spotlight video dan juga make host. Dan jika diskusi sudah selesai kita bisa langsung klik end dibagian pojok kanan dengan klik end meeting untuk mengakhiri meeting atau klik leave meeting untuk bisa kembali pada runag zoom dimana participants masih aktif.

Adapun sudut pandang saya sebagai user, aplikasi ini meneyediakan lauyanan untuk bergabung dengan mudah hanya memasukkan kode password yang diberikan oleh host yang membuka room tersebut. Aplikasi ini memiliki komponen yang kompleks, karena tersedia rekaman videonya, pengaturan aktif dan non aktif audio, pengaturan aktif dan non aktif video, meengaktifkan atau menonaktifkan audia user jika kita sebagai host, dapat berbagi link dengan mudah sehingga kita bisa mengundang teman untuk bergabung kedalam room tersbut. Pada fitur share, kita bisa membagikan photo, dokumen, box, dropbox, google drive, Microsoft onedrive, Microsoft onedrive for business, web url, bookmar, screen, dan share whiteboard. 

Apliksi ini dilengkapi oleh fitur chat sehingga dengan mudah bertanya atau menanggapi apa-apa saja yang disampaikan oleh narasumber dalam room tersebut. Jika kita berperan sebagai participants, kita bisa langsung otomastis masuk ke aplikasi ruang zoom dengan mengklik link yang dibagikan oleh host. 

Jika kita ingin menggunakan secara manual, kita buka aplikasi zoom, kita bisa pilih sign up untuk daftar atau atau sign untuk pernah daftar, atau malas dengan kedua hal tersebut kita bisa mengklik join a meeting. Kita akan diarahkan memasukkan id dan edit nama. Dalam tahap ini kita berhasil masuk keruang zoom, dan yang pertama kali kita klik ialah call via device audio, kalau tidak diklik kita tidak akan bisa mendengar suara pebicara. Klik ikon video untuk menyalkan atau mematikan kamera. Dan jika diskusi telah selesai, kita bisa langsung mengklik dibagian pojok kanan yaitu leave meeting.

Adapun yang saya suka dari kelebihan aplikasi zoom, ialah tampilan video yang lebih halus ini dikarenakan adanya fitur touch up my appearance sehingga video terlihat lebih lancar. Adanya fitur virtual background yang membantu kita menyembunyikaan keadaan atau posisi kita saat berada dalam ruang zoom sehingga membuat video kita terlihat menarik dan lebih professional, adanya fitur terbaru dari zoom yaitu rekam layar saat video di mulai atau berlangsung, kemudahan untuk bergabung dalam aplikasi zoom dengan mengklik link yang dibagikan oleh host, tidak terlalu menyita ruang penyimpanan baik itu laptop maupun hp, apliasi ini berbasis destop bukan web.

Dari beberapa kelebihan yang dimiliki apliasi zoom, ada beberapa kelemahan aplikasi zoom diantaranya adalah teralalu menyita daya betrei. meeting onlinenya bisa diakses dengan mudah oleh orang lain, kemanan sistem yang kurang baik, pemakaian kuota data yang terlalu besar, jika jaringan tidak bagus, kita sering mengalami masuk keluar berkali-kali, dan kualitas gambar video dan suara juga tidak bagus, alias putus-putus serta kita kehilangan informasi yang ada dalam chaat room.

Dalam masa pandemic seperti ini, saya sarankan menggunakan apliasi zoom sesuai kebutuhan dan tidak menyalahgunakan aplikasi tersebut untuk mendapat keuntungan. Zoom merupakan apliasi rekomeded untuk kalian yang memiliki aktifitas seprti kerja kantoran, dosen, mahasiswa dan kalian yang memiliki kesibukan lainnya. Zoom adalah aplikasi pertemuan HD gratis dengan video dan berbagi layar hingga 100 orang Tetap terhubung ke mana pun Anda pergi - mulai atau ikuti rapat aman dengan video dan audio tanpa cela, berbagi layar instan, dan perpesanan instan lintas platform - gratis! 

Zoom adalah nomor 1 dalam kepuasan pelanggan dan pengalaman komunikasi terpadu terbaik di seluler. Sangat mudah! Instal aplikasi Zoom gratis, klik "Rapat Baru", dan undang hingga 100 orang untuk bergabung dengan Anda di video! Terhubung dengan siapa pun di ponsel dan tablet berbasis Android, perangkat seluler lain, Windows, Mac, Zoom Rooms, sistem ruang H.323 / SIP, dan telepon. 

Dari segi keamanan data saya kasi bintang dari angka satu sampai sepuluh adalah lima. Saya memilih angka delapan, karena mudah diakses oleh orang yang yang memiliki niat menyalahgunakan link yang dibagikan. Dan dari segi fiturnya saya beri angka 9, karena aplikasi ini sangan mudah diakses tnpa harus menonton atau membaca tata cara menggunakan aplikasi zoom. Zoom tetbaik guys...

Cara Menginstal Aplikasi Zoom di Handphone

1. Buka aplikasi Play Store

2. Lalu, ketik Zoom pada kolom pencarian

3. Kamu akan menemukan aplikasi dengan ikon kamera biru-putih bernama Zoom Cloud Meetings

4. Klil tombol instal.

5. Tunggu hingga proses selesai.

Selanjutnya, setelah proses download dan instalasi selesai, buka aplikasi Zoom. Kita akan menemukan tiga pilihan, seperti berikut :

1. Join a Meeting

2. Sign Up

3. Sign In 

Klik Link berikut :

https://play.google.com/store/apps/details?id=us.zoom.videomeetings&hl=en&gl=US

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Link untuk masuk ke Zoom, sering dibagikan pada grup whatshap kelas. Teman-teman bisa menyalin ID dan passwordnya, atau juga bisa langsung mengklik link tersebut.

Cara Menginstal Aplikasi Zoom di Laptop

1. Buka browser internet,

2. Ketikkan "Zoom" pada kolom pencarian,

3. Pilih https://zoom.us/download,

4. Pilih "Zoom Client for Meetings" dan klik download,

5. Klik save,

6. Setelah diunduh, klik pada bagian "Show In Folder",

7. Kita akan langsung dibawa ke folder dimana aplikasi zoom berhasil diunduh,

8. Kemudian klik "run",

9. Dan yang terkhir, berhasil di Instal...



SELAMAT :)


Komentar

Postingan Populer