Ayat-ayat Al-Qur'an Tentang Cinta

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu. Bagaiamana kabar kalian? Semoga selalu dalam lindungan Allah Subhanahu Wata'ala. Yak, dengan diujinya kita dalam pandemi ini, semoga kita selalu bersabar dan terus menjaga keistiqomahan kita dalam belajar agama. Walaupun mungkin ada diantara kita yang sedang menahan rindu ingin menuntaskan segera rasa rindu itu, tetap doakan saudara saudarimu untuk senantiasa menjaga diri dalam kebaikan. MasyaAllah, heheh dalam artikel ini saya sedikit curhat, bahwasanya yang melatarbelakangi tulisan ini ialah karena rasa cinta terhadap saudariku yang sekarang tidak bersama dan salin merindukan satu sama lain. Rindu berjamaah, makan berjamaah, kajian berjamaah, kekampus berjamaah, penggalangan dana berjamaah❤️, kumpul duduk bertarbiah bersama, sholat berjamaah, zikir dan mengaji berjamaah. MasyaAllah, momen indah yang tidak mungkin bisa dilupakan sampai akhir khayat. Semoga kalian yang disana selalu dalam lindungan Allah Azza Wajalla....


Curhatnya sudah berkhir, langsung saja kita pada intinya. Baik....

Umat muslim dipersatukan oleh kalimat tauhid yang kokoh. Selain itu, sesama umat muslim memiliki kedudukan yang sama di hadapan Allah SWT. Karenanya Islam tidak mengenal istilah kasta atau kedudukan lebih rendah ataupun lebih tinggi.

Islam mengajarkan tentang cinta dan kasih sayang yang tulus. Kita teringat akan bagaimana Rasulullah amat mencintai kaumnya, bahkan sampai akhir hayatnya ia menyebut "Ummati, ummati, ummati". Beliau begitu menjadi tauladan bagi seluruh ummat yang sda dimuka bumi ini. Kerinduan dan kecintaan kita terhadapnya adalah bukti kita benar beriman kepada Allah subhanahu wata'ala. 

Sebagai ummat manusia yang berakal, kita juga harus mencintai Sang Pencipta kita, tidak lain dan tidak bukan ialah Cinta kita kepada Allah Subhanahu Wata'ala. Bagaiamana kita menjalankan yang diperintahkan oleh-Nya dan menjauhi setiap larangan-Nya. MasyaaAllah. Ada banyak ayat al-Quran tentang cinta yang dapat kita temukan. Ayok, kita baca dan lafalkan satu per satu kumpulan ayat al-Quran tentang cinta kepada Allah, Rasul, orang tua, kehidupan duniawi, lawan jenis dan jodoh berikut ini.

Baik, dalam kesempatan ini kami akan menyajikan beberapa potongan ayat Al-Qur'an tentang Cinta beserta terjemahannya.


Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

لَا يُكَلِّفُ اللّٰهُ نَفْسًا اِلَّا وُسْعَهَا ۗ  لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا اكْتَسَبَتْ ۗ  رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَآ اِنْ نَّسِيْنَآ اَوْ اَخْطَأْنَاۚ  رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَآ اِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهٗ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِنَاۚ  رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهٖۚ وَاعْفُ عَنَّاۗ وَاغْفِرْ لَنَاۗ وَارْحَمْنَا ۗ    اَنْتَ مَوْلٰىنَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكٰفِرِيْنَ

"Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Dia mendapat (pahala) dari (kebajikan) yang dikerjakannya dan dia mendapat (siksa) dari (kejahatan) yang diperbuatnya. (Mereka berdoa), “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami melakukan kesalahan. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebani kami dengan beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tidak sanggup kami memikulnya. Maafkanlah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkaulah pelindung kami, maka tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir.”"

QS. Al-Baqarah[2]:286


 Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

وَلَنْ تَسْتَطِيْعُوْٓا اَنْ تَعْدِلُوْا بَيْنَ النِّسَاۤءِ وَلَوْ حَرَصْتُمْ فَلَا تَمِيْلُوْا كُلَّ الْمَيْلِ فَتَذَرُوْهَا كَالْمُعَلَّقَةِ ۗ    وَاِنْ تُصْلِحُوْا وَتَتَّقُوْا فَاِنَّ اللّٰهَ كَانَ غَفُوْرًا رَّحِيْمًا

"Dan kamu tidak akan dapat berlaku adil di antara istri-istri(mu), walaupun kamu sangat ingin berbuat demikian, karena itu janganlah kamu terlalu cenderung (kepada yang kamu cintai), sehingga kamu biarkan yang lain terkatung-katung. Dan jika kamu mengadakan perbaikan dan memelihara diri (dari kecurangan), maka sungguh, Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang."

QS. An-Nisa'[4]:129


Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

۞ وَقَالَ نِسْوَةٌ فِى الْمَدِيْنَةِ امْرَاَتُ الْعَزِيْزِ تُرَاوِدُ فَتٰىهَا عَنْ نَّفْسِهٖۚ قَدْ شَغَفَهَا حُبًّاۗ اِنَّا لَنَرٰىهَا فِيْ ضَلٰلٍ مُّبِيْنٍ 

"Dan perempuan-perempuan di kota berkata, “Istri Al-Aziz menggoda dan merayu pelayannya untuk menundukkan dirinya, pelayannya benar-benar membuatnya mabuk cinta. Kami pasti memandang dia dalam kesesatan yang nyata.”"

QS. Yusuf[12]:30


Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

قَالَ رَبِّ السِّجْنُ اَحَبُّ اِلَيَّ مِمَّا يَدْعُوْنَنِيْٓ اِلَيْهِۚ  وَاِلَّا تَصْرِفْ عَنِّيْ كَيْدَهُنَّ اَصْبُ اِلَيْهِنَّ وَاَكُنْ مِّنَ الْجٰهِلِيْنَ 

"Yusuf berkata, “Wahai Tuhanku! Penjara lebih aku sukai daripada memenuhi ajakan mereka. Jika aku tidak Engkau hindarkan dari tipu daya mereka, niscaya aku akan cenderung untuk (memenuhi keinginan mereka) dan tentu aku termasuk orang yang bodoh.”"

QS. Yusuf[12]:33


 Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

فَاَرَدْنَآ اَنْ يُّبْدِلَهُمَا رَبُّهُمَا خَيْرًا مِّنْهُ زَكٰوةً وَّاَقْرَبَ رُحْمًا 

" Kemudian kami menghendaki, sekiranya Tuhan mereka menggantinya dengan (seorang anak) lain yang lebih baik kesuciannya daripada (anak) itu dan lebih sayang (kepada ibu bapaknya)."

QS. Al-Kahf[18]:81


 Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

اَلزَّانِيَةُ وَالزَّانِيْ فَاجْلِدُوْا كُلَّ وَاحِدٍ مِّنْهُمَا مِائَةَ جَلْدَةٍ ۖ    وَّلَا تَأْخُذْكُمْ بِهِمَا رَأْفَةٌ فِيْ دِيْنِ اللّٰهِ اِنْ كُنْتُمْ تُؤْمِنُوْنَ بِاللّٰهِ وَالْيَوْمِ الْاٰخِرِۚ وَلْيَشْهَدْ عَذَابَهُمَا طَاۤىِٕفَةٌ مِّنَ الْمُؤْمِنِيْنَ

"Pezina perempuan dan pezina laki-laki, deralah masing-masing dari keduanya seratus kali, dan janganlah rasa belas kasihan kepada keduanya mencegah kamu untuk (menjalankan) agama (hukum) Allah, jika kamu beriman kepada Allah dan hari kemudian; dan hendaklah (pelaksanaan) hukuman mereka disaksikan oleh sebagian orang-orang yang beriman."

QS. An-Nur[24]:2


Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

مَنْ كَانَ يَرْجُوْا لِقَاۤءَ اللّٰهِ فَاِنَّ اَجَلَ اللّٰهِ لَاٰتٍ ۗ    وَهُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ 

"Barangsiapa mengharap pertemuan dengan Allah, maka sesungguhnya waktu (yang dijanjikan) Allah pasti datang. Dan Dia Yang Maha Mendengar, Maha Mengetahui."

QS. Al-'Ankabut[29]:5


 Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

وَمِنْ اٰيٰتِهٖٓ اَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِّنْ اَنْفُسِكُمْ اَزْوَاجًا لِّتَسْكُنُوْٓا اِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَّوَدَّةً وَّرَحْمَةً ۗ    اِنَّ فِيْ ذٰلِكَ لَاٰيٰتٍ لِّقَوْمٍ يَّتَفَكَّرُوْنَ

"Dan di antara tanda-tanda (kebesaran)-Nya ialah Dia menciptakan pasangan-pasangan untukmu dari jenismu sendiri, agar kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan Dia menjadikan di antaramu rasa kasih dan sayang. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berpikir. "

QS. Ar-Rum[30]:21


 Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

وَّتُحِبُّوْنَ الْمَالَ حُبًّا جَمًّاۗ

"dan kamu mencintai harta dengan kecintaan yang berlebihan."

QS. Al-Fajr[89]:20


Itulah beberapa ayat Al-Qur'an tentang Cinta. Semoga kita senantiasa saling menjaga satu sama lain sebagai saudara semuslim. Senantiasa saling mengingatkan dalam kebaikan. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk kita semua. 

Syukron Wa Jazakunallahu khairan.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatu.


 


Komentar

Postingan Populer